Tips Bisnis

Melakukan promosi di media social, kenapa tidak?

Dewasa ini penggunaan media sosial semakin pesat setiap harinya bahkan hampir semua orang memilikinya. Hal inilah membuat pelaku bisnis ikut menggunakan media sosial sebagai sarana promosi bisnis mereka. Dengan menggunakan media sosial sebagai platform promosi bisnis, anda tak perlu lagi melakukan promosi di billboard, radio, televisi ataupun media cetak yang memerlukan biaya yang cukup banyak. Memanfaatkan media sosial dengan cara yang tepat tentunya akan menjadikan media promosi yang paling efektif dan murah. Namun, sampai saat ini masih banyak pelaku bisnis yang belum mencoba untuk melakukan promosi di media sosial. Padahal ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika melakukan promosi di media sosial antara lain:

1. Meningkatkan brand awareness

Dengan mengoptimalkan akun media sosial juga menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan brand awareness bisnis anda.  Pembuatan konten yang tepat dan menarik sesuai platform yang digunakan juga harus anda perhatikan. Apabila anda menggunakan platform Facebook, maka konten yang bisa anda unggah adalah konten yang berupa teks, gambar dan video. Sedangkan jika anda menggunakan platform instagram, anda bisa menggunakan konten yang berisikan gambar dan video. Namun, jika anda menggunakan platform twitter, konten yang cocok anda gunakan yaitu konten yang berjenis teks. Dan saat anda menggunakan platform linkdin, konten yang bisa anda unggah berupa teks dan gambar.

Selain pembuatan konten yang tepat anda juga harus memperhatikan pemilihan media sosial yang anda gunakan. Jangan sampai karena terlalu banyak menggunakan platform media social yang ada justru membuat sosial media marketing yang anda lakukan tidak efektif.

Apabila target bisnis anda adalah kalangan dengan usia yang masih relatif muda dan bisnis anda merupakan model bisnis B2C (business to customer), maka platform yang cocok digunakan adalah instagram. Namun, jika target bisnis anda berasal dari kalangan professional, dengan usia yang relatif lebih tua dan bisnis anda merupakan model bisnis B2b (business to business), maka facebook dan linkeind merupakan platform yang cocok anda gunakan.

2. Penurunan biaya pemasaran

Tak hanya berfungsi untuk meningkatkan branding awareness, media sosial juga dapat berfungsi sebagai platform untuk mempromosikan dan memasarkan bisnis anda. Unggahan konten yang bagus dan menarik perhatian tentu saja akan menarik followers baru dan pelanggan baru. Dengan melakukan promosi di media sosial anda dapat melihat hasilnya secara perlahan namun langsung. Salah satunya dengan menggunakan ads berbayar yang ada di facebook ataupun instagram yang juga dapat dikatakan murah, walaupun disesuaikan dengan tujuan anda.

3. Peringkat google yang lebih baik

Kini banyak pelaku bisnis melakukan promosinya melalui media sosial, hal ini tentu memberikan mereka kemudahan dalam meningkatkan ranking pada search engine. Dimana ketika banyak sekali yang melihat akun social media yang anda miliki, maka hal ini secara tidak langsung akan menaikan traffic pada sosial media anda.

Jika aktif di media sosial sama saja dengan memberi tahu mengenai keberadaan bisnis anda pada search engine. Selain itu memastikan bahwa bisnis yang anda miliki merupakan bisnis yang terlegitimasi dan dapat dipercaya.

 

Nah, hal-hal diatas merupakan manfaat yang anda dapakan jika menggunakan media sosial sebagai platform promosi bisnis anda. Gimana masih ragu untuk melakukan promosi melalui media sosial? pada dasarnya semua platform yang akan anda gunakan nantinya dibutuhkannya konsisten dan kreativitas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *